Kamis, 19 Juni 2014

materi



PROPOSAL USAHA DAGANG
KEDAI PEMPEK CERIWIS”






Disusun Oleh :
MIFTA MASITHA BEMPA
LESTARI


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNK INDUSTRI
2014

I. Latar Belakang          
Kepadatan aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah menuntut para siswa dan guru harus berada di sekolah dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu semua membuat mereka membutuhkan sesuatu untuk menambah energi.
Hal ini yang membuat kami membuka usaha dalam bidang makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan energi bagi warga sekolah, yakni Pempek mercon bumbu rujak.

II. Tujuan
2.1  Untuk mempraktekan materi kewirausahaan
2.2  Sebagai sarana dalam rangka melengkapi tugas pengantar bisnis
2.3  Sebagai sarana untuk mengasah kemampuan dalam berwirausaha
III. Segmentasi Produk

3.1       Potensi Pasar

Produk yang akan kami buat akan kami jual (pasarkan) di lungkungan sekolah. Harga yang terjangkau dan tingginya permintaan pasar, membuat kami yakin bahwa pasar kami sangat potensial.

3.2       Objek Pasar

Produk yang kami buat dan kami jual adalah makanan ringan yang sehat dan bergizi, itu semua membuat produk kami sangat cocok bagi para konsumen yang menjaga kesehatanya (healthy life style)

3.3       Target / Sasaran Pasar

Sasaran pasar yang kami tuju adalah para pelajar dan orang-orang sekitar kampus


IV. Keunggulan Produk

Keunggulan dari produk kami yaitu:
1.      Bahan baku yang kami gunakan adalah bahan baku yang berkualitas
2.      Tidak menggunakan bahan pengawet
3.      Rasa yang lezat dan khas
4.      Bergizi dan sehat
5.       produk yang kami pasarkan memiliki banyak rasa dan level tingkat kepedasannya

V. Analisa SWOT

5.1       Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk kami adalah:
Produk yang kami jual adalah produk untuk semua kalangan masyarakat, selain itu produk kami juga memiliki keunggulan dibanding produk lain yaitu sehat ,bergizi,dan banyak rasa.

5.2       Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk kami adalah:
Produk yang kami buat tidak tahan lama dan mudah ditiru.

5.3       Opportunity (Peluang)
Tempat yang strategis,di kawasan pendidikan dan dekat dengan pasar menjadi peluang untuk kami.

5.4       Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah



VI. Analisa 4P
6.1       Product (Produk)
Produk yang kami jual adalah “Pempek ceriwis” yang merupakan makanan warisan budaya Indonesia asal palembang yang sangat digemari masyarakat.

6.2       Price (Harga)
Harga perbuah berkisar dari Rp 5000 hingga Rp 50.000 karena harga ini cukup terjangkau dan relatif murah sangat cocok bagi pelajar.

6.3       Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk kami, yang kami lakukan yaitu dengan langsung berpresentasi kepada seluruh warga sekolah dan dilakukan masa promosi yaitu untuk dua pembeli pertama akan kami beri bonus 1 buah pempek.

6.5       Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di kawasan pendidikan cikokol-tangerang, Tepatnya di lingkungan kampus muhamadiyah tangerang, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)


VII. Aspek Keuangan

1. Apsek Modal

Nomor

Nama Barang

Harga

Jumlah

Keterangan
1.
Gerobak
Rp 3.200.000
1




     Dapat di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

2.
Kompor
Rp    250.000
1
3.
Tabung Gas 3 kg
     Rp    17.000
1
4.
Wajan
     Rp    50.000
1
5.
Sterofoam mangkok @400
     Rp   40.000
1
6.
Alat Pemotongan
Rp  10.000
2
7.
Top Les
Rp   50.000
3
8.
Lap Tangan
Rp  30.000
3
9.
Kotak Sampah dan Ember
Rp  30.000
2
10.
Bola Lampu
       Rp  100.000
3
11.
Kabel
      Rp  50.000
1
12.
Saklar lampu
      Rp  40.000
1
13.
Merek Usaha/banner
Rp  100.000
2 m
14.





















Bahan baku
Terigu 1/2 kg
Tepung kanji 1kg
Garam
keju 1 kotak
Ikan
Minyak
Telur 1 kg
Sosis 1 bungkus
abon ayam 1 bungkus
Cuka
Asam jawa
gula jawa
cabai
bawang
Rebon
Kacang
Ketimun
-Lain-lain
Total untuk modal awal

Rp.  4000
Rp.  6000
Rp.  1000
Rp.  24000
Rp.  30000
Rp.  21000
Rp.  16000
Rp.  25000
Rp.  10000
Rp.  5000
Rp.  4000
Rp.  15000
Rp.  4000
Rp.  15000
Rp.   5000
Rp.  10000
Rp.  10000
Rp.  20000

Rp      4.192.000






Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)











1. Harga Pokok Penjualan (HPP) / Modal Pokok 

HPP pempek perbuah Rp 3000

2. Harga Jual 

 Harga pasaran umum pempek adalah Rp5.000

3. keuntungan kotor

Pempek/buah = Rp 5.000 – Rp 3.000 = Rp 2.000 buah
Keuntungan pempek 24 buah/hari adalah = Rp3.000 x 24 = Rp72.000/hari
Keuntungan pempek rata-rata/bulan adalah = Rp72.000 x 30 = Rp2.160.000/hari

4. Total Biaya Operasional 

Perhitungannya adalah:
2 tabung gas @ Rp17.000  = Rp34.000
Gaji pembantu  = Rp300.000
Ongkos 10.000 x 15 hari  = Rp150.000
Sisa pempek 10 x 1.400 = Rp14.000
Total biaya operasional/bulan = Rp498.000

5. Menghitung Keuntungan Bersih

Dengan total keuntungan kotor usaha pempek Rp2.160.000 setiap bulan dan biaya operasional setiap bulan Rp498.000
Keuntungan bersih/bulan = Rp2.160.000 — Rp498.000 = Rp1.662.000
Untuk mengembalikan modal di butuhkan waktu selama 3 bulan.
VII. Penutup
Harapan kami untuk produk "kedai pempek ceriwis" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, kami juga mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas dan terjamin mutunya.

untuk presentasinya download disini

1 komentar: